News

The latest news about the banking and finance industry

Penerapan KYC kepada Perbankan Syariah

Berdasarkan surat edaran yang akan dikeluarkan oleh Bank Indonesia mengenai aturan gadai emas kepada perbankan syariah, Mulya E. Siregar selaku Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia menjelaskan bahwa penerbitan aturan gadai emas ini dilatarbelakangi oleh tidak sesuainya penggunaan gadai emas dengan tujuan yang sebenarnya.

Transaksi gadai emas ini diperuntukkan kepada nasabah dalam situasi yang mendesak, bukan untuk melakukan investasi ataupun yang disebut dengan ‘berkebun emas’. Hal ini terlampir pada Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 19.

Dalam kutipan berita di Tempo.co, dinyatakan bahwa Mulya juga meminta pihak bank penerapan konsep Know Your Customer (KYC) menjadi penting bagi perbankan syariah untuk mengetahui motivasi penggadaian emas nasabah. “KYC itu juga penting diterapkan untuk soal gadai emas,” katanya.

Pernyataan yang telah dikeluarkan oleh Mulya E. Siregar mengenai pentingnya penerapan KYC bagi perbankan syariah, merupakan salah satu solusi dalam menjaga aturan yang berlaku terhadap prinsip gadai emas. Dengan mengetahui motivasi nasabah dalam melakukan gadai emas, maka transaksi gadai emas akan dilakukan sesuai dengan esensinya.

MIK dan GLC sebagai enabler professional education – elearning, turut mendukung adanya penerapan KYC bagi perbankan syariah. Modul pembelajaran secara elearning mengenai KYC secara standar sudah dapat diaplikasikan dengan baik kepada bank-bank syariah.

Dengan eLearning perusahaan tidak perlu khawatir dengan banyaknya jumlah karyawan yang tersebar di berbagai daerah. eLearning akan  menjadi solusi yang efektif dan efisien bagi perusahaan dalam proses pembelajaran karyawan.

Leave a Reply

  • Client

  • Industry news

  • Contact Us

    • Gedung Permata Kuningan 18th Floor
      Jl. Kuningan Mulia Kav.9C
      Jakarta Selatan 12980, Indonesia
    • Tel. (62 21) 290 694 99,
    • Fax. (62 21) 290 694 98
    • Email: marketing@mik.co.id